TUGAS KARYA ILMIAH MK BAHASA IINDONESIA BAB I

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Masa remaja merupakan masa pertumbuhan dan masa perkembangan. Pada usia remaja, seseorang dapat dikatakan sedang berada dalam masa peralihan, yaitu perkembangan dari anak menjadi manusia dewasa. Sebagai seseorang yang sedang menjalani tahap kedewasaaannya, remaja mengalami perkembangan dan pertumbuhan baik fisik maupun mental, seperti perubahan pola pikir yang memungkinkannya menjadi dewasa.

Di dalam kehidupan manusia, termasuk juga remaja, terdapat tiga faktor lingkungan vital yang sangat berpengaruh besar. Ketiga faktor lingkungan tersebut adalah lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Lingkungan merupakan faktor yang mempunyai  pengaruh besar  karena manusia  dan lingkungannya saling berhubungan dan mempunyai keterkaitan yang sangat erat dan tidak terpisahkan. Lingkup interaksi remaja, yang semula pada masa kanak-kanaknya hanya terbatas pada relasi dengan orang tua dan anggota keluarganya, meningkat menuju suatu relasi yang lebih luas dengan tetangga dan teman-teman sekolahnya.

Remaja pada hakekatnya hidup dan tinggal di dalam sebuah masyarakat. Remaja merupakan bagian dari sebuah komunitas, yang keberadaannya tidak bisa dilepaskan dari masyarakat sekitarnya. Karena itu, arti keanggotaan bukan sesuatu yang ditambahkan dari luar, tetapi arti yang menunjuk kepada sesuatu yang menyentuh kehakikian diri manusia sendiri. Manusia adalah makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia mempunyai sifat terbuka  dan sangat dipengaruhi oleh keadaan lingkungannya.

Pada masa remaja, persahabatan akan lebih didasari oleh rasa solidaritas. Solidaritas yang dipupuk khususnya dengan teman akrab, tidak menutup kemungkinan bagi remaja untuk bergaul dengan teman-teman lain dari luar komunitasnnya. Remaja membutuhkan lingkungan pergaulan sebaya, yaitu sahabat dan teman-teman yang sesuai dengan manifestasi perkembangan kepribadiaannya. Kategori remaja adalah mereka yang berada dalam range usia antara 13 tahun sampai 21 tahun, yangmana dalam kelompok usia ini seseorang biasanya duduk dibangku sekolah menengah pertama sampai dengan semester 5  di perguruan tinggi.

Arus perkembangan teknologi  di negara modern merupakan sebuah kesatuan antara manusia dengan berbagai sarana dan prasarana yang memungkinkan para warganya untuk berinteraksi secara intensif, dengan jaringan komunikasi seperti jaringan jalan raya, jaringan telekomunikasi, sistem radio dan televisi.  Unsur ini merupakan salah satu hal yang dikembangkan dalam bidang teknologi.

Dengan berkembangya teknologi di dunia, membuat manusia dipermudah untuk berkomunikasi. Tidak ada ceritanya manusia zaman sekarang saling berkomunikasi jarak jauh lewat perantara burung merpati. Sekarang dengan adanya alat komunikasi seperti handphone kita dapat berkomunikasi dengan siapa pun yang kita inginkan. Selain handphone kita juga bisa berkomunikasi dengan orang-orang sekitar kita menggunakan jejaring sosial yang ada di dunia maya yangmana sedang marak –maraknya saat ini. Ada beberapa jenis jejaring sosial yang sedang trend di kalangan remaja saat ini. Misalnya saja seperti, twitter, facebook, plurk, yahoo messenger, mig33, mxit, dan sebagainya.

Para remaja senang sekali menggunakan jejaring–jejaring sosial tersebut. Pada umumnya mereka menggunakan jejaring sosial tersebut untuk menambah relasi mereka. Tetapi banyak juga para remaja yang menyalahgunakan jejaring sosial tersebut.

 

B.     Rumusan Masalah

Setelah membaca latar belakang masalah yang dipaparkan diatas dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:

1.      Apa dampak yang terjadi bila para remaja sudah kecanduan memakai jejaring sosial di dunia maya ?

2.      Bagaimana peranan orang tua dalam menghadapi perilaku anaknya yang sudah kecanduan jejaring sosial tersebut ?

 

C.     Tujuan Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka tujuan yang ingin dicapai adalah sebagai berikut :

1.      Untuk mengetahui apa saja dampak yang diakibatkan dari pemakaian jejaring sosial tersebut secara berlebihan di kalangan remaja. Baik dampak positif maupun dampak negatif. Serta faktor-faktor yang mempengaruhi dampak-dampak tersebut.

2.      Untuk mengetahui tindakan serta peranan orang tua bila anaknya mengalami kecanduan jejaring sosial tersebut.

 

D. Manfaat Penelitian

1.      Manfaat Praktis

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi kalangan remaja pada umumnya, sehingga mereka dapat lebih bersikap bijaksana dalam melakukan perilaku yang merugikan dirinya sendiri.

2.      Manfaat Teoritis

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran serta kontribusi yang berarti bagi dunia akademis dan dapat menjadi acuan dasar bagi penelitian selanjutnya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: