JEJARING SOSIAL DALAM PERAN MEMBANGUN SEBUAH JARINGAN SOSIAL KOMUNITAS ATAU MASYARAKAT DI DUNIA MAYA

Saat ini, situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, MySpace, Cyworld, dan Bebo telah menarik jutaan pengguna, dimana tidak sedikit dari mereka yang menjadikan jejaring sosial ini menjadi bagian dalam aktivitas sehari-hari mereka. Situs jejaring sosial dapat didefinisikan sebagai layanan berbasis web yang memungkinkan individu untuk membangun hubungan publik atau semi-publik dibatasi profil dalam sebuah system dan mengartikulasikan daftar pengguna lain dengan siapa mereka berhubungan. Apa yang membuat situs jejaring sosial unik bukanlah bahwa situs ini memungkinkan individu untuk bertemu orang asing, tetapi situs ini memungkinkan pengguna dapat memperlihatkan jaringan sosial mereka. Hal ini karena pada banyak situs jejaring sosial, para pengguna memiliki daftar teman yang memang sudah mereka kenal pada kehidupan nyata Walaupun tidak menutup kemungkinan, sebagian orang yang memang mencari teman-teman yang baru.

Menurut sejarahnya, situs jaringan sosial pertama diluncurkan pada tahun 1997 lewat SixDegrees.com. Situs ini memungkinkan pengguna untuk membuat profil dan daftar teman mereka. SixDegrees.com sendiri dipromosikan sebagai alat untuk membantu orang berhubungan dengan mengirim pesan ke orang lain. Dari tahun 1997 hingga 2001, sejumlah situs jejaring sosial mula tumbuh. Sebut saja AsianAvenue, BlackPlanet, dan MiGente yang memungkinkan pengguna untuk membuat profil pribadi maupun profesional, dan dapat mengidentifikasi Friends di profil pribadi mereka tanpa meminta persetujuan untuk tindakan-tindakan tersebut. Tidak lama setelah peluncuran pada tahun 1999, LiveJournal muncul dalam wujud buku harian yang memungkinkan orang lain dapat mengaksesnya. Kemudian, ada Cyworld situs dunia maya ini dimulai pada tahun 1999 dan menambahkan fitur jejaring sosial pada tahun 2001, bebas dari situs lain tersebut. Cyworld memonopoli pasar Korea dengan memperkenalkan fitur homepage dan teman-teman. Demikian juga, ketika komunitas web LunarStorm Swedia refashioned dirinya sebagai situs jejaring sosial pada tahun 2000, itu berisi daftar Teman, guestbook, dan halaman buku harian. Setelah itu, gelombang berikutnya dimulai ketika SNSs Ryze.com diluncurkan pada tahun 2001 untuk membantu orang memanfaatkan jaringan bisnis mereka. Kemudian muncul, MySpace yang menarik perhatian media sebagian besar di Amerika Serikat dan luar negeri, friendster yang berkembang pesat di Kepulauan Pasifik, Mixi berkembang di Jepang, Hi5 di negara-negara kecil di Amerika Latin, Amerika Selatan, dan Eropa, Kemudian Bebo juga menjadi sangat populer di Inggris Raya, Selandia Baru, dan Australia, sampai Facebook dan Twitter yang sekarang ini menjadi tren dihampir seluruh dunia.

Hal Menarik Dari Jejaring Sosial

Pada intinya, ketika situs-situs jejaring sosial ini semakin memiliki fitur yang lengkap, maka situs-situs jejaring sosial ini akan semakin mudah menguasai pasar di seluruh dunia. Hal ini diindikasikan dengan banyaknya dampak positif yang diberikan oleh fitur-fitur yang lengkap dalam situs-situs jejaring sosial ini. Misalnya dengan fitur message dapat memupuk hubungan antar kerabat. Hal ini tentunya sangat penting, apalagi bagi orang-orang yang tidak punya banyak waktu untuk bertatap muka dengan kerabatnya karena kesibukan yang dimiliki. Jejaring sosial  ini juga dapat membantu orang asing terhubung didasarkan pada kesamaan kepentingan, pandangan politik, atau kegiatan tertentu.

Selain itu, dengan adanya fitur yang lengkap seperti blogging dan foto / video-sharing, membuat orang dapat mengekspresikan diri dan berbagi cerita kepada teman-teman. Hal ini juga dapat membuat orang lebih mengenal sosok teman dunia maya mereka. Lewat fitur-fitur ini, para pengguna dapat menggambarkan bagaimana diri mereka sesuai selera mereka terhadap buku, music, film, dan sebagainya. Selain itu mereka juga dapat menunjukkan kepada khalayak apa yang sedang dipikirkan atau dirasakan yang dapat diperbaharui setiap saat sesuai suasana hati.

Pengungkapan apa yang menjadi selera seseorang dalam situs jejaring sosial memang dapat menjadi ajang untuk dapat mengetahui `taste` seseorang. Lewat pengungkapan ini, pengguna dapat menampilkan dan perbedaan status mereka kepada audiens yang terdiri dari teman-teman, rekan kerja, pacar, dan Web publik.

Saat ini, tidak ada data yang dapat diandalkan mengenai berapa banyak orang yang menggunakan Situs Jejaring Sosial. Meskipun demikian, riset pemasaran menunjukkan bahwa situs jejaring sosial semakin populer di seluruh dunia (comScore, 2007). Kepopuleran situs jejaring sosial ini juga dikarenakan sudah banyaknya teknologi yang memungkinkan kita untuk mengakses situs ini dimana saja dan kapan saja. Pertumbuhan ini telah mendorong banyak perusahaan untuk menginvestasikan waktu dan uang dalam menciptakan, pembelian, mempromosikan, dan beriklan di jejaring sosial.

Kesimpulan

Dari tulisan diatas dapat pula disimpulkan bahwa situs jejaring sosial sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia yang skarang ini menjadi tren banyak diberbagai Negara. Mulai dari mencari barang – barang yang diinginkan, mempromosikan sebuah usaha, mencari komunitas, bahkan dalam mencari pacar dapat juga dilakukan di jejaring sosial ini.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: