TUGAS BAHASA INDONESIA

Bahasa Indonesia merupakan bahasa asli dari negara Indonesia dan sudah sepantasnya sebagai warga Indonesia, seluruh masyarakat terutama para remaja menjaga dan melestarikan bahasa Indonesia. Namun apa yang terjadi saat ini sungguh sangat memprihatinkan. Kemampuan berbahasa Indonesia para remaja saat ini sudah semakin menurun.

Banyak remaja yang menggunakan bahasa Indonesia di campur dengan bahasa yang mereka sebut dengan bahasa gaul. Padahal penggunaan bahasa gaul tersebut dapat merusak tata bahasa Indonesia yang benar. Bagi sebagian remaja, menggunakan bahasa gaul akan menciptakan image bagi mereka sebagai anak keren dan tidak ketinggalan jaman. Padahal apa yang mereka lakukan tidak benar dan dapat merugikan Bangsa Indonesia. Apalagi saat ini Malaysia telah mengklaim bahasa Indonesia sebagai bahasa negara mereka padahal sudah jelas bahwa bahasa Indonesia adalah milik negara Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa betapa rendahya kesadaran masyarakat terutama para remaja untuk mencintai bahasanya sendiri.

Indonesia merupakan negara dengan suku dan budaya terbesar di dunia. Di Indonesia terdapat puluhan jenis bahasa seperti bahasa Jawa, bahasa Sunda, bahasa Padang dll. Namun sangat jarang remaja saat ini menggunakan bahasa daerahnya sendiri. Bahkan mereka cenderung sudah melupakan bahasa daerah maupun bahasa nasional mereka sendiri. Hanya sebagian remaja di daerah yang menggunakan bahasa daerahnya sendiri. Andai seluruh remaja seperti itu mau melestarikan bahasa nasional maupun bahasa daerahnya sendiri, pasti Indonesia akan lebih maju dan di hargai oleh negara lain di dunia. Bahasa Indonesia baku mulai dikhawatirkan ketika mulai dikikis oleh bahasa gaul, populer atau bahasa pasar. Padahal, bahasa baku sangat penting dalam kedudukan kebangsaan.

Selain itu adanya rasa bangga memakai bahasa lain/asing di kalangan remaja merupakan salah satu penyebab menurunnya rasa tersebut. Hal ini disebabkan karena mereka lebih suka memakai bahasa inggris atau bahasa lain sehingga kemampuan bahasa indonesia mereka secara oral maupun akademik otomatis menurun.

Pada dasarnya penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah situasional dan fleksibel. Bahasa Indonesia dan Bahasa Daerah bukanlah dua hal yang saling bertentangan. Oleh karena itu, sebaiknya keduanya digunakan secara proporsional. Pemakaian ragam bahasa yang serasi dengan sasarannya dan di samping itu mengikuti kaidah bahasa yang betul juga merupakan cara berbahasa Indonesia yang baik dan benar .

Selain hal-hal tersebut sebaiknya diadakannya sosialisasi-sosialisasi tentang penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar di kalangan remaja. Baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal kita. Guna membangun kembali rasa bangga para remaja terhadap Bahasa Indonesia. Selain itu juga, sebaiknya harus dibiasakan sejak dini untuk memakai Bahasa Indonesia dalam berkomunikasi setiap harinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: